Penyebab Tremor Tangan yang Mungkin Tidak Banyak yang Tahu

Tremor atau tangan gemetar sendiri bukan tanpa sebab, atau mungkin Anda sedang bertemu dengan orang yang mengalami hal tersebut?

Secara umum, tremor dapat dibagi menjadi dua, yaitu tremor saat istirahat, dan tremor saat melakukan gerakan.

Tapi, ada enam penyebab tremor pada tangan, yaitu :

✅ Tremor esensial
Ini adalah gerakan yang tak terkontrol dan tidak terselesaikan pada satu atau lebih anggota tubuh. Tangan menjadi anggota tubuh yang paling kerap terkena masalah ini.

Tremor tangan kebanyakan terjadi gara-gara anggota otak yang mengontrol otot mengalami masalah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, dan usia.

✅ Kelelahan
Saat benar-benar lelah, baik akibat tidak cukup tidur atau banyak pekerjaan, maka tremor tangan tak bisa terhindarkan. Tidak cuma tangan, kelelahan juga bisa memicu anggota tubuh lainnya gemetar.

✅ Terlalu banyak kafein
Terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau teh bisa memicu tremor pada tangan. ini akibat kopi atau teh memiliki kandungan kafein, yang bisa mencetuskan keluhan tremor pada anggota tubuh tertentu, terutama tangan.

✅ Parkinson
Adalah penyakit neuro-degeneratif, dimana sel-sel otak berangsur-angsur mati. Keadaan ini memicu otak kekurangan dopamin, yang pada kelanjutannya bakal menghasilkan tremor dan susah berbicara.

Parkinson cenderung muncul pada mereka yang memasuki umur 60 tahun atau lebih. Akan tetapi, pada sebagian kasus, parkinson bisa terjadi pada orang yang lebih muda.

✅ Stres
Setiap anggota tubuh senantiasa gemetar. Hanya saja, getarannya tidak terasa seperti detak jantung, aliran darah, dan sebagian sistem lain yang berjalan di dalam tubuh.

Namun pada keadaan tertentu, getaran ini bisa benar-benar terasa, terutama lagi saat anda tengah stres. Tingkat getaran ini berbeda-beda, tergantung situasi yang tengah dialami seseorang.

✅ Pengaruh obat-obatan
Beberapa jenis obat bisa memicu efek samping tremor atau gemetaran. obat yang dimaksud adalah amfetamin, statin, dan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs).

Leave a Comment