Makanan Penebalan Dinding Rahim – Anjuran dan Pantangan

Penebalan dinding rahim dapat mengganggu program kehamilan Anda. maka dari itu, tindakan preventif sejak awal sangat perlu dilakukan, terutama dalam hal makanan.

Dalam kondisi yang tidak normal, penebalan dinding rahim dapat terjadi ketika fungsi jaringan endometrium yang seharusnya tumbuh di dalam rahim, justru tumbuh di luar rahim.

Kondisi ini disebut juga dengan istilah endometriosis.

Makanan Anjuran dan Pantangan Penebalan Dinding Rahim

A. Makanan yang Dianjurkan untuk Penebalan Dinding Rahim

Sederet makanan sehat bagi penderita penebalan dinding rahim yang mampu memberikan efek positif, apalagi bila sedang menjalani pengobatan.

1, Makanan kaya vitamin C

Ternyata sangat baik untuk membantu menghambat tumbuhnya sel-sel yang tidak normal pada rahim. Selain itu, vitamin C juga membantu menormalkan tingkat estrogen.

2, Makanan Kaya Kalsium dan Vitamin D

Makanlah yogurt dan makanan olahan susu lainnya setiap hari karena kaya akan kalsium dan vitamin D, yang memang sangat baik untuk kesehatan rahim

3, Teh hijau

Karena terdapat senyawa atau mengandung antibiotik alami yang juga baik penebalan dinding rahim

4, Lemon

Selain kaya akan vitamin C, juga bisa meningkatkan sistem imun. dengan begitu, akan terhindar dari infeksi pada rahim dan miss V.

B. Makanan Pantangan Penebalan Dinding Rahim

Apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penebalan dinding rahim? diantaranya :

1, Daging merah

Merupakan jenis makanan yang sangat tinggi protein, namun sering kali menyebabkan berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan ketika dikonsumsi berlebihan, sepertihalnya penebalan dinding rahim.

Karena daging merah dapat meningkatkan hormon estrogen secara berlebihan.

2, Makanan berlemak

Memang selalu menjadi jenis makanan yang berdampak buruk pada kesehatan, namun berbanding terbalik dengan rasanya yang sangat enak.

Kandungan lemak yang tidak sehat dalam makanan berlemak tersebut dapat memberikan pengaruh yang buruk pada keseimbangan hormon.

Makanan berlemak ini biasanya ditemukan pada gorengan, susu tinggi lemak, kulit ayam, mentega, margarin, makanan yang digoreng, serta biskuit maupun kue.

3, Makanan tinggi kandungan gula

Biasanya ditemukan pada makanan dalam kemasan, minuman kaleng, kue dengan hiasan gula melimpah, dan berbagai macam makanan lainnya.

Dengan tingginya kandungan gula, khusus orang penebalan dinding rahim sangat tidak disarankan. ini juga akan berpengaruh pada hormon.

4, Makanan mengandung alkohol

Dapat ditemukan pada brem, tape singkong, tape ketan atau durian fermentasi.

5, Makanan yang mengandung kafein

Tidak hanya kopi, kandungan kafein bisa ditemukan juga pada cokelat, kuaci, sereal dan permen karet.

6, Makanan kaleng

Makanan kaleng atau dikenal juga makanan siap saji. karena bisanya mengandung lemak tinggi serta bahan pengawet yang memang tidak bagus bila sedang mengalami penebalan dinding rahim.

Demikian itulah makanan anjuran dan pantangan penebalan dinding rahim yang perlu diperhatikan dalam menu makan keseharian.

Semoga ulasan kami di atas bisa menjadi pilihan utama dalam hal memilih menu makanan, terutama bila sedang menderita penebalan dinding rahim.

Leave a Comment