Makanan Batu Empedu – Pantangan dan Anjuran

Penderita batu empedu sudah semestinya memperhatikan makanan yang hendak dikonsusmi, karena ada yang menyehatkan dan juga memberikan dampak yang tidak baik. dikatakan juga bisa menghambat proses pengobatan batu empedu yang sedang dijalani.

Pantangan Makanan Batu Empedu

Daging berlemak
Menu makan daging yang berlemak dapat mengiritasi batu empedu dan memperparah kondisi.

Makanan yang digoreng
Terkenal dengan kandungan tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh dapat memperburuk rasa sakit batu empedu dan membuat ketidaknyamanan.

Makanan kemasan dan olahan
Menurut University of Maryland Medical Center, asam lemak biasanya banyak terdapat pada makanan kemasan dan olahan, yang cenderung dapat menginduksi gejala batu empedu.

Makanan berbahan halus
Beberapa jenis makanan yang termasuk makanan berbahan halus seperti seperti roti putih, pasta tepung halus, beras putih dan gula rafinasi yang dikonversi ke dalam lemak yang tersimpan, sehingga menyebabkan peningkatan kolesterol dalam empedu.

Produk susu tinggi lemak
Seluruh produk susu lemak menimbulkan risiko buruk terhadap batu empedu, seperti susu, keju, yoghurt, es krim, krim kental dan asam krim mengandung kadar tinggi lemak hewani.

Anjuran Makanan Batu Empedu

Beras merah
Anda bisa mengkonsumsi beras merah untuk dapat menggantikan beras putih. Kandungan nutrisi pada beras merah sangat banyak, yang meliputi serat dan zat antioksidan yang tinggi.

Kandungan antioksidan ini akan membantu dalam mendapatkan kemudahan untuk menurunkan kolesterol jahat yang menyebabkan terjadi batu empedu.

Ikan tuna
Apabila Anda mengkonsumsi ikan tuna tentu akan membantu dalam mendapatkan nutrisi berupa protein. Namun dalam mengkonsumsi ikan tuna ada baiknya dalam jumlah maksimal sebanyak tiga ons perhari.

Manfaat mengkonsumsi ikan tersebut akan membantu dalam mengatur adanya kolesterol didalam darah. Dengan demikian ada baiknya apabila Anda mulai memperhatikan saat mengkonsumsi ikan tersebut. Akan tetapi jika terasa sakit pada perut mulailah dengan menghentikan konsumsi ikan ini.

Yogurt
Ketika Anda mengalami sakit batu empedu dan mengkonsumsi yogurt akan membantu dalam mendapatkan sumber kalori didalam tubuh.

Didalam yogurt ada berbagai jenis kandungan gizi yang akan didapatkan. Beberapa kandungan gizi dalam mengkonsumsi makanan sehat yang ada didalam yogurt yaitu protein, serat, antioksidan dan lemak jenuh.

Buah Mentimun
Memiliki kadar air yang sangat tinggi didalamnya. Anda bisa mengkonsumsi mentimun yang diolah menjadi jus segar.

Untuk mendapatkan jus yang enak bisa dikonsumsi mencampurkan mentimun dengan beberapa bahan lainnya, seperti wortel dan jeruk.

Buah Tomat
Salah satu bahan makanan sehat yang dapat digunakan untuk meringankan dan mencegah penyakit batu empedu, karena memiliki kandungan leucopenia.

Dengan demikian, usahakan dikonsumsi secara rutin buah tomat ini.

Leave a Comment