Makanan Asam Lambung – Anjuran Terbaik dan Pantangan

ilustrasi makanan asam lambung

Bagi pengidap penyakit asam lambung, sudah semestinya untuk memperhatikan makanan yang hendak dikonsumsi.

Sebab makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh langsung terhadap kondisi lambung, hal inilah ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang berjenis asam, maka lambung akan segera bereaksi dan menghasilkan rasa nyeri.

Disini, kami akan menguraikan 2 kelompok makanan asam lambung, yaitu berupa pantangan dan anjurannya.

Makanan Anjuran Terbaik Asam Lambung

Baik saat menjalani pengobatan ataupun tidak, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan terbaik ini

1, Kamomil dan teh adas
Keduanya kaya akan antioksidan yang baik untuk menenangkan pikiran dan menjaga kesehatan sistem pencernaan, seperti asam lambung.

Anda bisa minum secangkir teh kamomil dan adas hangat saat pagi dan sore hari. Jadikan budanya minum teh adas sebagai kebiasaan sehat di rumah.

2, Apel
Bila suka makan buah, ambil satu butir apel. Selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian dan menjaga kesehatan gigi, buah ini mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung.

Jangan mengkonsumsi apel terlalu berlebihan. Anda cukup makan satu butir apel setiap harinya tanpa dibuang kulitnya.

3, Jahe
Minuman jahe cocok untuk dikonsumsi saat musim hujan. Minuman hangat ini bermanfaat menurunkan asam lambung tinggi, namun juga untuk meringankan gangguan kesehatan lainnya seperti batuk, bersin, pilek, flu, dan hidung tersumbat.

Lambung yang terluka karena derajat keasaman yang tinggi pun bisa berangsur-angsur membaik, karena jahe bersifat anti-inflamasi.

4, Susu
Minum susu perlu dijadikan bagian dari kebiasaan makan yang sehat. Susu ampuh untuk mengurangi asam lambung, mencegah osteoporosis dan menambah tenaga.

Anda bisa mengkonsumsi segelas susu tanpa lemak sehingga Anda tak mengalami kegemukan.

5, Jus wortel murni dan air kelapa muda. Porsinya cukup seimbang 50:50.

6, Kentang
Sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. bubur kentang atau jus kentang bermanfaat untuk menetralisir asam lambung.

7, Brokoli
Merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh.

Selain brokoli, bawang merah dan bawang putih juga mengandung sulfur.

8, Semangka
Memiliki banyak citrulline asam amino yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Hal ini pada gilirannya memertahankan tingkat asam.

9, Kelapa
Minum air kelapa beberapa kali sehari akan melakukan keajaiban untuk mencegah pembentukan asam ekstra di perut Anda. Air kelapa juga mengembalikan zat elektrolit yang hilang dari tubuh Anda.

10, Pisang
Merupakan menu makanan anjuran terbaik untuk asam lambung yang terakhir. pisang mengandung kalium yang bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung.

Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan.

Pantangan Makanan Asam Lambung

Jenis makanan yang satu ini, bisa memperparah kondisi asam lambung, bahkan bila secara terus-menerus dikonsumsi memungkinkan timbul komplikasi yang lebih serius lagi.

1, Makanan yang memiliki rasa pedas
Yaitu seperti cabai, saos, sambal, merica. Dimana mengkonsumsi secara berlebihan mengakibatkan terjadinya masalah iritasi pada lambung,

Hal itu karena kondisi tubuh sedang terkena penyakit asam lanbung, sehingga dapat mengakibatkan rasa yang tidak nyaman pada lambung.

2, Makanan yang banyak mengandung gas
Beberapa diantaranya yaitu sayur kol dan sawi, hal itu karena bisa memicu kondisi asam lambung menjadi naik, dimana hal ini sering menyebabkan penyakit lambung menjadi mudah kambuh.

3, Makanan yang mengandung asam
Diantaranya cuka, acar dan asinan. Jika sampai mengonsumsi makanan yang mengandung asam maka dapat secara cepat dan langsung mengakibatkan peningkatani asam di dalam lambung. Hal ini akan semakin memperburuk penyakit asam lambung.

4, Buah-buahan asam
Yaitu seperti nanas, belimbing wuluh, lemon, kedondong, mangga muda dan beberapa lainnya, yang perlu untuk Anda hindari karena kadar asam yang ada pada buah tersebut bisa sangat memicu dan meningkatkan suasana asam di dalam lambung.

5, Makanan dan minuman yang mengandung alkohol
Yaitu seperti tape singkong, manisan buah, tape ketan, manisan sayur dan minuman beralkohol. karena kandungan alkohol mengakibatkan meningkatnya asam lambung, bahaya lainnya yaitu dapat mengiritasi lambung.

6, Makanan berminyak dan berlemak
Diantaranya seperti gorengan dan jeroan hewan serta makanan yang mengandung lemak trans, karena mengakibatkan terjadinya iritasi pada lambung.

7, Makanan yang keras dan sulit dicerna
Yaitu seperti talas, singkong dan beras ketan karena dapat bereko melukai lambung, karena makanan berbentuk keras yang sulit dicerna mengakibatkan lambung bekerja terlalu keras, berupa lambung yang lebih tinggi memproduksi asam lambung.

8, Mengandung Kafein
Bahaya minuman keras dan beralkohol yaitu dapat menipiskan selaput pelindung lambung, demikian juga perlu menghindari atau minimal membatasi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, karena berpotensi meningkatkan produksi asam lambung.

Leave a Comment