Cara Mengatasi Tangan yang Suka Gemetar Sendiri

Cara mengatasi tangan gemetar sendiri sebetulnya cukup sederhana, yaitu mengurangi konsumsi kafein, karena terlalu banyak kafein salah satu penyebabnya.

Lalu, bagaimana jika sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama? jangan khawatir, temukan segera solusinya.

ilustrasi tangan gemetar sendiri padahal tidak beraktivitas

Gemetar atau disebut juga tremor, adalah gerakan osilasi ritmis yang tidak bisa dikendalikan oleh tubuh. tremor terjadi akibat terganggunya saraf motorik dari otak.

Saraf motorik ini bertugas untuk menggerakan anggota tubuh sesuai rangsangan dan keinginan.

Ketika saraf motorik di otak terganggu, maka beberapa anggota tubuh akan hilang kendali dan bergerak secara tidak sadar, dan yang paling mudah dirasakan adalah pada bagian tangan.

Tangan gemetaran sendiri sering ditemukan pada orang dewasa, mungkin 6 hal ini yang mempengaruhinya :

Tremor esensial
Penyebab yang paling umum dari tangan gemetar adalah tremor esensial. Ini adalah gerakan yang tak terkontrol dan tidak terselesaikan pada satu atau lebih anggota tubuh. Tangan menjadi anggota tubuh yang paling kerap terkena masalah ini.

Tremor tangan kebanyakan terjadi gara-gara anggota otak yang mengontrol otot mengalami masalah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, dan usia.

Kelelahan
Saat benar-benar lelah, baik akibat tidak cukup tidur atau banyak pekerjaan, maka tangan gemetar tak bisa lagi dihindari. Tidak cuma tangan, kelelahan juga bisa memicu anggota tubuh lainnya gemetaran.

Terlalu banyak kafein
Terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau teh bisa memicu tangan gemetaran. Ini akibat kopi atau teh memiliki kandungan kafein, yang bisa mencetuskan keluhan tremor pada anggota tubuh tertentu, terutama tangan.

Parkinson
Adalah penyakit neuro-degeneratif, dimana sel-sel otak berangsur-angsur mati. Keadaan ini memicu otak kekurangan dopamin, yang pada kelanjutannya bakal menghasilkan tremor dan susah berbicara.

Parkinson cenderung muncul pada mereka yang memasuki umur 60 tahun atau lebih. Akan tetapi, pada sebagian kasus, parkinson bisa terjadi pada orang yang lebih muda.

Stres
Setiap anggota tubuh senantiasa bergetar. Hanya saja, getarannya tidak terasa seperti detak jantung, aliran darah, dan sebagian sistem lain yang berjalan di dalam tubuh.

Namun pada keadaan tertentu, getaran ini bisa benar-benar terasa, terutama lagi saat anda tengah stres. Tingkat getaran ini berbeda-beda, tergantung situasi yang tengah dialami seseorang.

Pengaruh obat-obatan
Beberapa jenis obat bisa memicu efek samping tangan gemetar. Obat yang dimaksud adalah amfetamin, statin, dan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs).

Begini Cara Mengatasi Tangan Gemetar Sendiri yang Disarankan

Kami sangat menghinmbau Anda untuk memilih serta mengkonsumsi herbal dari kapsul ekstrak pegagan saja,

Karena obat herbal ini terbuat dari 100% daun pegagan, serta sudah mempunyai izin resmi dari BPOM RI dengan nomor registrasi TR193325461, serta bersertifikat Halal MUI.

Sebuah herbal yang dibanderol dengan harga hanya 250ribu saja perbotolnya, dan memiliki isi 100 kapsul. woow banyak banget.

Alasan pegagan bisa mengatasi tangan yang gemetar sendiri

Tanaman liar yang umumnya tumbuh di kebun dan ladang ini menyimpan berbagai senyawa dan nutrisi lengkap yang baik untuk mendukung kesehatan dan pengobatan.

Menurut hasil dari penelitian, “pegagan yang memiliki nama latin Centella Asiatica ini terdapat sejumlah senyawa, berupa asiaticoside, thankuniside, isothankunuside, madecassoside, rahmoside, brahmic acis, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarin, tanin, serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi”.

Berbagai senyawa di atas memiliki fungsi sebagai sarana manangani tangan yang sering gemetar sendiri.

Karena pada sebuah penelitian yang lain, dilakukan pada tahun 2016, membuktikan bahwa daun pegagan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak.

Sehingga saraf motorik menjadi kuat dan tidak mudah terganggu.

Apakah sudah cukup jelas alasannya? semoga bermanfaat.

Leave a Comment